Kamis, 13 Juli 2017

MENDAKWAHKAN DUA KALIMAT SYAHADAT DAN SYARIAT ISLAM

MENDAKWAHKAN DUA KALIMAT SYAHADAT DAN SYARIAT ISLAM

HADITS KE 11

Ibnu Abbas menuturkan, "Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengutus Mu'adz ra ke Yaman, beliau berpesan: 'Engkau akan mendatangi orang-orang Ahli Kitab. Karena itu, perkara pertama yang harus kamu dakwahkan kepada mereka adalah beribadah kepada Allah. Jika mereka sudah mengetahui Allah maka ajarkanlah kepada mereka bahwa Allah mewajibkan shalat lima waktu dalam sehari semalam. Jika mereka sudah melaksanakannya maka ajarkanlah kepada mereka bahwa Allah mewajibkan zakat (yang diambil) dari harta-harta mereka yang akan diberikan kepada orang-orang fakir di antara mereka. Jika mereka taat maka ambillah zakat dari mereka dan berhati-hatilah terhadap harta manusia yang paling mereka sayangi.' "

(HR. Bukhari, Kitab: "Zakat" (24), Bab: Tidak boleh mengambil dari harta manusia yang terbaik untuk pembayaran zakat (41))

HADITS KE 12

Ibnu Abbas ra berkata, "Ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengutus Mu'adz ra ke Yaman, beliau berpesan: 'Hati-hati terhadap doa orang yang terzalimi karena antara doanya dan Allah tiada penghalang.' "

(HR. Bukhari, Kitab "Orang-orang terzalimi" (46), Bab: Menghindar dan berhati-hatilah dari doa orang yang terzalimi (9))


Sumber : Kitab Al-Lu'lu wal Marjan Mutiara Hadits Sahih Bukhari dan Muslim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar