Sabtu, 22 Juli 2017

KEUTAMAAN ORANG-ORANG BERIMAN DAN PENDUDUK YAMAN

KEUTAMAAN ORANG-ORANG BERIMAN DAN PENDUDUK YAMAN

HADITS KE 31

Uqbah bin Amru (Abu Mas'ud) berkata, "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menunjukkan tangannya ke arah Yaman dan bersabda: 'Iman itu ada pada penduduk Yaman (7), sedangkan keras hati itu ada pada pengembala yang selalu berada dekat dengan pangkal ekor unta (8) (di lembah-lembah jauh dari pemukiman), yaitu di tempat dua tanduk setan muncul pada suku Rabi'ah dan Mudhar.' "

(HR. Bukhari, Kitab: "Awal penciptaan" (59), Bab: Sebaik-baik harta seorang Muslim adalah kambing yang digembalakan di lereng-lereng bukit (15))

HADITS KE 32

Abu Hurairah ra meriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Penduduk Yaman datang kepada kalian, hati mereka halus dan lembut. Fikih (pemahaman agama) itu ada pada penduduk Yaman, demikian pula hikmah ada pada penduduk Yaman."

(HR. Bukhari, Kitab: "Peperangan" (64), Bab: Kedatangan Al-Asy'ari dan penduduk Yaman (74))

HADITS KE 33

Abu Hurairah ra meriwayatkan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Induk kekafiran itu di arah timur (Persia), keangkuhan dan kesombongan itu ada pada pemilik kuda dan unta juga pada pengembala dari penduduk gurun, dan ketenangan itu ada pada pemilik kambing."

(HR. Bukhari, Kitab: "Awal penciptaan" (59), Bab: Sebaik-baik harta seorang muslim adalah kambing yang digembalakan di lereng-lereng bukit (15))

HADITS KE 34

Abu Hurairah ra berkata, "Saya mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: 'Keangkuhan dan kesombongan ada pada pengembala dari penduduk gurun, sedangkan ketenangan ada pada pemilik kambing. Iman ada pada penduduk Yaman demikian pula hikmah ada pada penduduk Yaman.' "

(HR. Bukhari, Kitab: "Perangai/budi pekerti" (61), Bab: Firman Allah, "Hai manusia, sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal." (1))

Catatan:
(7) Sebab, mereka pertama kali orang yang memenuhi seruan Nabi Ibrahim as saat beliau menyerukan haji dan mereka pasrah dengan sukarela. (Al-Kasymiri: Faidhul Bari Syarh Al-Bukhari 5/254)

(8) Mereka tinggal jauh dari perkotaan dalam rangka mengembalakan unta-unta mereka sehingga mereka bodoh terhadap ajaran syariat Islam (Shahih Al-Bukhari Tahqiq Musthafa Dib Al-Bugha 3/1202)


Sumber : Kitab Al-Lu'lu wal Marjan Mutiara Hadits Sahih Bukhari dan Muslim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar