Selasa, 18 Juli 2017

CABANG-CABANG IMAN

CABANG-CABANG IMAN

HADITS KE 21

Abu Huarairah ra meriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Iman itu ada 60 lebih cabangnya, dan malu merupakan salah satu cabang iman."

(HR. Bukhari, Kitab: "Iman" (2), Bab: Tentang perkara-perkara iman (3))

HADITS KE 22

Ibnu Umar berkata, "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam  pernah melewati seorang lelaki Anshar yang memmperingatkan saudaranya yang pemalu, kemudian beliau bersabda: 'Biarkan ia, karena malu adalah bagian dari iman.' (3)"

(HR. Bukhari, Kitab: "Iman" (2), Bab: Sifat malu sebagian dari iman (16))

HADITS KE 23

Imran bin Hushain ra meriwayatkan bahwa Nabi  shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: " Sifat malu hanya mendatangkan kebaikan."

(HR. Bukhari, Kitab "Adab" (78), Bab: Sifat malu (77))

Catatan :

(3) Patut kita ketahui bahwa meskipun malu merupakan bagian dari iman, tapi kita harus menempatkan rasa malu ini pada posisi yang benar. Karena, jika salah menempatkannya, ia menjadi perbuatan yang tercela. Seperti orang yang enggan memakai jilbab karena malu dikatakan 'sok alim' oleh teman-temannya serta enggan meninggalkan rokok karena malu dikatakan banci dan tidak jantan oleh teman-temannya. Perasaan malu seperti ini dilarang dan bukan merupakan bagian dari syariat Islam. (Imam Nawawi, Ibnu Daqiq Al-Id, Abdurrahman As-Si'di, Ibnu Utasaimin. Syarah Hadist Arba'in).


Sumber : Kitab Al-Lu'lu wal Marjan Mutiara Hadits Sahih Bukhari dan Muslim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar